Tips Mengetahui Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil

Hafertility-calender-min-300x300.psdmil adalah sesuatu yang sangat ditunggu-tunggu oleh semua wanita , terutama bagi yang sudah menikah dan lama tidak di beri momongan, salah satu hal untuk cepat memperoleh momongan adalah dengan cara mengetahui masa subur wanita.

Masa Subur Wanita bisa diketahui dengan perhitungan yang mudah dan bisa anda lakukan sendiri, hal ini sangat penting untuk mendukung terjadinya proses Kehamilan. Adapun Menstruasi adalah proses lepasnya lapisan dinding rahim yang banyak mengandung pembuluh darah (endometrium) dan dikeluarkan melalui vagina. Lapisan tersebut, sebenarnya terbentuk sebagai persiapan apabila sel telur dibuahi oleh sel sperma. Namun apabila tidak dibuahi, maka maka jaringan ini akan terlepas atau biasa dikenal sebagai darah menstruasi.

Siklus menstruasi teratur terjadi antara 28-30 hari dengan lama keluar darahnya antara 3-7 hari pada setiap bulan. Siklus Menstruasi normal dan teratur menjadi kunci penting dan mempermudah menghitung masa subur wanita.

Contoh Perhitungan Masa Subur pada wanita Setelah Haid

Wanita dengan Siklus Normal dan Teratur

Menghitung masa subur mudah diketahui dari siklus menstruasi normal, yaitu antara 28=30 hari. Hari pertama siklus menstruasi dihitung sebagai hari ke-1. Dan masa suburnya adalah hari ke-12 hingga hari ke-16 dalam satu siklus menstruasi. Sebagai contoh apabila awal Haid seorang wanita tanggal 9 Januari. Maka tanggal tersebut ditandai sebagai hari ke-1. Sedangkan masa subur jatuh pada Hari ke-12 jatuh (tanggal 20 Januari) sampai dengan hari ke-16 (tanggal 24 Januari).

Baca : Madu Penyubur Kandungan

Perhitungan Masa Subur, Wanita dengan Siklus Menstruasi tidak Teratur

Siklus menstruasi tidak teratur ditandai dengan awal haid yang maju atau mundur sehingga tidak dapat dipastikan. Hal tersebut akan mempengaruhi tingkat kesuburan dan cara menghitung masa subur wanita setelah menstruasi.

Adapun langkah penghitungannya adalah, menghitung lama Satu siklus haid yang dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga hari pertama haid di bulan berikutnya. Catat jumlah hari tersebut 6 bulan. Untuk menentukan hari pertama masa subur, Jumlah siklus menstruasi dari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Sedangkan hari terakhir masa subur adalah Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11.

madu penyubur kandungan
Cara Berbelanja herbal

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome