Terbukti Ampuh 8 Cara Alami Mengatasi Keputihan

 

tips_menghadapi_keputihan_saat_hamilKeputihan sering membuat tidak nyaman pada daerah kewanitaan, karena menimbulkan bau tak sedap , gatal, rasa terbakar yang dapat menjadi bengkak, dan keluar cairan putih kekuningan. Ini yang biasanya menjadi masalah bagi wanita. Apabila keadaannya parah, dapat membuat orang sulit berjalan, sakit saat buang air besar, hingga sakit saat melakukan hubungan seks.

Beberapa penyebab keputihan

Kondisi ini bisa disebabkan karena celana dalam yang digunakan terlalu ketat sehingga membuat lembab daerah miss V, juga penggunaan bahan kimia yang terdapat pada sabun atau deterjen. Selain itu, faktor yang dapat memicu terkena keputihan antara lain: kehamilan, penyakit diabetes, stres, penggunaan antihistamin.

Keadaan ini dikarenakan infeksi yang disebabkan oleh jamur Candida yang ada di miss V. Sebenarnya, jamur candida ini dimiliki oleh setiap orang. Dalam jumlah kecil, jamur ini biasa terdapat pada mulut miss V, kulit, dan saluran pencernaan. Bagi orang sehat dan memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik, jamur ini bersifat ramah dan dapat mencegah infeksi. Namun apabila keadaannya sedang tidak sehat atau sistem kekebalan tubuhnya sedang tidak baik, maka jamur ini dapat tumbuh dengan mudah dan akhirnya akan menimbulkan penyakit, dibutuhkan obat untuk mencegah dan mengatasi keputihan.

Baca : Crystal X Herbal Mengatasi Kewanitaan

Untuk menghindari keputihan yang membuat tidak nyaman, dapat dilakukan dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, agar jamur candida mudah tumbuh dan berkembang. Selain itu ada beberapa cara mengatasi keputihan lainnya yang dapat dilakukan, antara lain:

Cara Mengatasi Keputihan

  1. Hindari menggunakan celana dalam yang ketat. Sebaiknya gunakan celana dalam yang berbahan katun.
  2. Hindari penggunaan cairan pembersih miss V. Meskipun banyak iklan yang mengatakan penggunaan miss V dapat membersihkan daerah kewanitaan, namun cairan pembersih ini dapat mengubah tingkat keasaman normal pada miss V, akibatnya dapat terjadi peradangan atau meningkatkan risiko infeksi pada miss V.
  3. Saat membilas daerah miss V, bilaslah dari arah depan ke belakang, karena menghindarkan masuknya kuman dari anus.
  4. Gunakan dan biasakanlah mengeringkan daerah miss V setelah buang air besar atau kecil dengan tisu atau handuk kering dan bersih.
  5. Penggunaan pantyliners yang terus-menerus dapat menyebabkan iritasi, jadi hindari penggunaannya tiap hari.
  6. Gula dan alkohol ternyata dapat membantu perkembangan jamur candida, jadi kurangi konsumsinya.
  7. Bawang putih merupakan anti jamur alami, sehingga disarankan untuk mengomsumsinya.
  8. Yogurt atau susu dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri, karena mengandung bakteri acidophilus.

Baca : Pembalut Herbal Avail

Beberapa cara mengatasi keputihan yang sederhana tersebut dapat diterapkan untuk menghindari keputihan yang selalu membuat tidak nyaman, bahkan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome