Suplemen Buat Anak Yang Tepat Dan Terbaik

suplemen anakSuplemen anak kini banyak sekali beredar dengan berbagai rasa dan bentuk yang menarik dan disukai oleh anak. Namun perlukan anak-anak diberikan suplemen? Suplemen merupakan sumber vitamin dan mineral pelengkap untuk anak apabila jumlahnya dirasa masih kurang. Suplemen untuk anak fungsinya adalah agar anak bisa bertumbuh dan berkembang dengan optimal, namun bukan berarti menjadi luar biasa atau di atas normal. Suplemen pada anak juga dosisnya tidak sama dengan suplemen untuk orang dewasa, maka dari itu sebelum memberikan suplemen anak pastikan dulu apakah ia membutuhkannya atau tidak. Sumber vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya yang paling baik adalah sayuran dan buah-buahan. Tetapi seringkali anak susah makan sayur atau buah sehingga anak mengalami kekurangan nutrisi. Kondisi seperti ini yang tepat untuk memberikan suplemen pada anak Anda dalam jangka waktu tertentu.

Kapan Harus Memberikan Suplemen Anak?

Kondisi apa lagi yang tepat untuk suplemen anak? Ini dia jawabannya.

tired

1. Asupan vitamin kurang

Anak yang susah makan sayur dan buah memang bisa mengalami defiasi atau kekurangan nutrisi dalam tubuh. Tetapi bukan berarti serta merta langsung diberikan suplemen anak. Selain tidak benar-benar perlu, anak tidak akan belajar mengenai pentingnya konsumsi sayuran dan buah dan hanya akan mengandalkan suplemen saja. Mereka yang harus diberikan suplemen adalah bayi-bayi yang lahir prematur sehingga kebutuhan nutrisinya belum terpenuhi, anak-anak yang berada di lingkungan sulit untuk mendapatkan makanan yang layak, atau mengalami suatu penyakit yang menyebabkan susah untuk makan. Ajarkah anak Anda untuk mengkonsumsi buah dan sayur yang cukup setiap hari karena tidak ada sumber nutrisi yang lebih baik.

2. Sedang sakit

Anak yang sedang sakit membutuhkan suplemen anak tambahan. Ini karena saat sakit, daya tahan tubuh anak akan menurun sehingga tubuh tidak bisa melawan penyakit dengan optimal. Maka dari itu tubuh memerlukan tambahan nutrisi yang cukup untuk menjadi makanan bagi sel-sel di dalam tubuh sehingga penyakit bisa dibasmi. Pada saat sakit, nafsu makan anak akan menurun padahal ia membutuhkan nutrisi yang lengkap agar cepat sembuh, tetapi jika dipaksakan makan justru bisa jadi muntah. Pemberian suplemen anak dilakukan ketika anak sudah sulit untuk menerima makanan untuk menjaga kondisi tubuhnya agar tidak semakin jatuh sakit.

3. Untuk menambah nafsu makan

Sayangnya masih banyak orang tua yang mengatasi anak sulit makan dengan memarahinya atau membujuk dengan iming-imin hadiah. Padahal nafsu makan anak yang menurun bisa disebabkan karena beberapa hal misalnya karena ia bosan dengan makanannya atau karena sedang sakit. Jika nafsu makan berkurang karena ia bosan, gantilah menu makanan lebih bervariasi namun tetap bergizi sebagai suplemen penambah berat badan sehingga anak akan menyantap makanan dengan lahap. Jika anak sedang sakit sehingga malas untuk makan maka berikan suplemen anak yang alami agar bertambah nafsu makannya.

4. Untuk Perkembangan Otak Anak

Dari usia tiga sampai sembilan tahun, otak menggunakan lebih banyak energi dibanding kurun waktu lain dalam hidup. Inilah saatnya perkembangan otak pada balita terjadi.

Pada otak anak usia 3 tahun, terbentuk milyaran sel disebut neuron, yang mengirim dan menerima informasi. Tugasnya lima tahun ke depan adalah mengelola neuron ini jadi jaringan sambungan berkecepatan tinggi yang mengontrol emosi, pikiran, dan gerakan. Pengelolaan seperti ini butuh seabrek upaya: Dari usia tiga sampai sembilan tahun, otak menggunakan lebih banyak energi dibanding kurun waktu lain dalam hidup.

Saat berusia 6 tahun, berat otak anak telah mencapai 95% berat otak orang dewasa dan proses pematangan fungsi otak pada periode tumbuh-kembang ini membutuhkan energi dalam jumlah banyak dibandingkan periode lain.

Pada masa pematangan fungsi otak ini, hal yang penting dipersiapkan adalah suplemen anak sebagai asupan nutrisi yang baik dan lingkungan yang kondusif untuk menstimulasi kerja otak agar optimal. Nutrisi suplemen otak yang penting untuk pematangan fungsi otak ini adalah asam lemak essensial seperti AA, DHA dan EPA, asam amino seperti asam L-Glutamat dan juga multivitamin seperti Vitamin B kompleks, Vit B12 dan asam folat. Berikan anak berbagai kesempatan, dan respons dia dengan kasih sayang. Sebaliknya perlakuan negatif atau kasar akan memicu perkembangan emosi yang tidak stabil di masa depan.

Berikut ini suplemen anak herbal yang tepat dan terbaik !

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome