Menurunkan Hipertensi Darah Tinggi Dengan Cara Mudah

Hipertensi atau tekanan darah tinggi sebagai salah satu masalah kesehatan yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Banyak kalangan yang mengalami masalah hipertensi hingga mengarah ke penyakit-penyakit berbahaya lain seperti stroke atau yang lain. Pola hidup yang kurang sehat dewasa ini bisa memicu timbulnya hipertensi pada seseorang. Lakukan cek up rutin agar anda yang mungkin mengalami hipertensi tidak semakin mengarah ke penyakit yang lebih parah.

CARA MENURUNKAN HIPERTENSI

Cara-cara yang bisa ditempuh untuk menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi sangatlah banyak. Selain dengan obat dari dokter, anda dapat menurunkan dengan cara-cara alami. Yaitu dengan:

  1. Berbekam. Bekam adalah termasuk thibun nabawai atau pengobatan cara nabi yang terbukti ampuh bisa mengatasi berbagai macam keluhan penyakit. Yang perlu diingat adalah yang menyembuhkan segala penyakit adalah Allah, bukan obat atau metode pengobatan. Obat atau bekam adalah sarana saja untuk usaha dalam proses pencapaian kesembuhan. Dengan berbekam, darah-darah kotor bisa dikeluarkan sehingga tubuh akan terasa segar masalah seperti hipertensi pun bisa membaik.
  2. Meminum minyak zaitun. Minyak zaitun juga bagus dikonsumsi untuk menurunkan hipertensi.
  3. Makan sayuran hijau dan buah-buahan. Aneka macam sayuran hijau serta buah kaya akan vitamin dan mineral yang bisa mengikat plak kolestrol jahat yang menyebabkan tekanan darah tinggi.
  4. Meminum susu skim. Susu skim adalah salah satu produk susu yang bebas lemak yang mengandung vitamin D yang juga mampu menurunkan hipertensi.
  5. Mengkonsumsi tomat. Kandungan zat dalam tomat juga disinyalir mampu menurunkan kadar hipertensi yang menyerang seseorang. Konsumsilah secara teratur dan tidak berlebihan.

Selain itu olahraga yang teratur juga bisa untuk menjaga dari serangan hipertensi. Memanajemen stress dan tingkat emosional juga sangat penting. Karena terkadang penyakit mulai muncul karena stress yang tidak terkontrol dengan baik.

Herbal yang sering digunakan untuk mengobati hipertensi atau darah tinggi sebagai berikut

Daun Sirsak

Daun sirsak memiliki antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, sama halnya dengan bahan alami lainnya, antioksidan ini dapat melenturkan dan melebarkan pembuluh darah serta menurunkan tekanan darah. Daun sirsak mudah di dapat tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak seperti perawatan pada dokter. Khasiat pada daun sirsak mampu membunuh sel penyakit mematikan seperti diabetes dan kanker.

Garlic (Bawang Putih)

Beberapa penelitian telah menemukan hubungan antara bawang putih (garlic) dan menurunkan tekanan darah. Dalam studi ini, efek bawang putih menunjukkan pengurangan angka tekanan darah atas (sistolik) sebanyak 5-8 mm Hg. Juga menunjukkan penurunan angka  tekanan darah bawah (diastolik), tetapi angka penurunan tersebut tidak cukup besar untuk dapat dibilang signifikan.

Buah Merah Wamena

Buah merah adalah sejenis tanaman buah kaya mafaat yang berasal dari tanah Papua. Buah merah biasa disebut dengan nama kuansu oleh masyarakat Wamena. Buah merah memiliki nama ilmiah Pandanus Conoideus Lam karena buah ini merupakan kelompok tanaman pandan-pandanan dan pohon yang mirip dengan pandan. Buah merah dapat tumbuh setinggi 16 meter dengan batang bebas yang dapat tumbuh setinggi 5 sampai 6 meter. Buah merah telah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat setempat sebagai makanan ataupun sebagai bahan obat

Penyakit stroke disebabkan oleh darah yang membeku dan penyempitan pembuluh darah yang salah satunya disebabkan oleh tekanan darah tinggi. Kandungan tokoferol pada buah merah mampu membantu mengencerkan darah, sehingga mampu mencegah terjadinya pembekuan darah penyebab penyakit stroke.

Selain beberapa penyakit berat diatas, buah merah juga memiliki manfaat untuk mengobati asam urat, kencing manis, gangguan mata, meningkatkan kecerdasan serta berbagai manfaat lainnya.

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome