Mengenal Obat Herbal Lebih Dalam

obat herbalObat herbal merupakan obat yang terbuat dari bahan-bahan berupa hewan, tumbuhan, mineral, ataupun campuran salah satu/semuanya. Obat dengan bahan-bahan tersebut sudah secara turun temurun digunakan untuk pengobatan. Obat berbahan herbal atau ada yang menyebutnya sebagai obat tradisional biasanya mengandung banyak campuran bahan alami, sehingga zat aktif yang berperan untuk menyembuhan suatu penyakit belum diketahui secara pasti. Berikut ini penjelasan tentang obat berbahan herbal.

Obat herbal

Di Indonesia terdapat ribuan jenis obat tradisional yang beredar dipasaran. Namun, melalui BPOM Indonesia, produk obat tradisional dibagi menjadi tiga, yaitu

  • Jamu yang digolongkan sebagai obat tradisional ini pembuatannya mengacu pada resep peninggalan leluhur. Bahan baku pembuatan jamu tidak memiliki standar karena terdapat beragam jenis tanaman obat yang jumlahnya cukup banyak. Pengujian khasiat jamu secara klinik tidak perlu dilakukan cukup dengan pengalaman penggunanya.
  • Obat terstandar herbal yang digolongkan sebagai obat tradisional pun memiliki perbedaan yang sangat jauh dengan jamu. Bahan baku pembuatan obat terstandar herbal memiliki standar tertentu, serta menggunakan peralatan yang lebih kompleks, dan teknologi yang lebih maju, sehingga tidak heran jika tenaga kerjanya memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk membuat ekstrak tanaman herbal. Selain itu, perlu dilakukan uji preklinik untuk mengetahui khasiatnya.
  • Fitofarmaka yang digolongkan sebagai obat tradisional ini mampu disejajarkan dengan obat kimia modern, sehingga tidak heran jika obat herbal ini bisa diresepkan oleh dokter. Sebab sudah ada standar pada bahan bakunya, proses produksinya, serta harus melewati uji preklinik dan klinik untuk mengetahui khasiat dan keamanannya.

Catatan penting ketika mengonsumsi obat herbal

Pertama, jangan mengonsumsi obat berbahan herbal secara berlebihan. Gunakan dosis dan takaran sesuai petunjuk. Kedua, jika terjadi efek samping, maka segera hentikan penggunaan obat herbal dan segera kunjungi dokter.
Ketiga, jangan mengonsumsi obat herbal dengan kandung bahan yang menyebabkan alergi penggunanya.

Waspada obat herbal untuk orang-orang tertentu
Pada orang-orang tertentu perlu berhati-hati ketika mengonsumsi obat herbal. Pertama, penderita darah tinggi harus menggunakan obat herbal penyakit darah tinggi , gangguan fungsi ginjal bisa menggunakan obat herbal ginjal, dan jantung harus berhati-hati memilih obat, pilihkan obat herbal penyakit jantung . Kedua, untuk anda yang sedang menjalani diet sebaiknya mengkonsumsi madu diet.

Ketiga, bagi anda yang sedang hamil bisa mengkonsumsi suplemen buat ibu hamil atau terkendala untuk hamil sebaiknya menggunakan bahan herbal dari madu penyubur kandungan Al mabruroh. Keempat, bagi ibu menyusui harus menggunakan bahan herbal seperti suplemen ibu menyusui sebagai asupan nutrisi. Pastikan anda cermat ketika mengonsumsi obat herbal.

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome