Ejakulasi Dini (Pria) dan Macam Tingkat Keparahannya

25173d423c8b9d3d3f7988bb146cdbe6_L

PENGERTIAN EJAKULASI

Jurnal Kesehatan – Dalam pengertian yang gampang, ejakulasi adalah proses keluarnya cairan sperma (lelaki) yang biasanya bersamaan dengan orgasme. Dalam hubungan intim, ejakulasi terjadi akibat adanya rangsangan dengan lawan jenis. Namun ejakulasi juga terjadi walaupun tanpa rangsangan lawan jenis, melainkan dilakukan dengan fantasi tertentu.

KRITERIA DISEBUT EJAKULASI DINI

Para ahli memang masih simpang siur mengenai kriteria ejakulasi dini. Namun demikian, para ahli membuat ukuran-ukuran tertentu tentang ejakulasi dini agar bisa dipahami lebih mudah. Misalnya ejakulasi dini diukur dari waktu , jadi bila ejakulasi terjadi kurang dalam waktu 2 menit maka itu sudah bisa disebut ejakulasi dini.

Ada pula ukurannya ditentukan dari seberapa besar efek gesekan atau goyangan yang bisa ditahan oleh penis agar tidak terjadi ejakulasi. Bila sebelum 10-20 goyangan sudah ejakulasi, maka keadaan itu sudah bisa disebut dengan ejakulasi.

Secara mudah, Ejakulasi dini adalah ketidakmampuan mengontrol ejakulasi sehingga terjadi dalam waktu cepat yang tidak sesuai dengan keinginannya.

TINGKAT KEPARAHAN EJAKULASI DINI

Secara umum, ejakulasi dini dapat terbagi menjadi tiga derajat berdasarkan ringan-beratnya gangguan

1. Ejakulasi Dini Ringan yaitu ejakulasi yang terjadi setelah beberapa kali gesekan.
2. Ejakulasi Dini Sedang yaitu ejakulasi yang terjadi sesaat setelah penis masuk ke dalam vagina.
3. Ejakulasi Dini Berat, yaitu ejakulasi yang terjadi ketika penis menyentuh kelamin wanita bagian luar atau bahkan sebelum menyentuh kelamin wanita.

Baca Juga : Obat Kuat Atasi Gangguan Seksual Pria

Dalam rilis yang dikeluarkan oleh International Society for Sexual Medicine, Gejala ejakulasi dini primer adalah:

1. Ejakulasi yang selalu atau hampir selalu terjadi pada satu menit penetrasi vagina,
2. Ketidakmampuan untuk menunda ejakulasi pada semua atau hampir semua penetrasi vagina, dan
3. Menimbulkan konsekuensi negatif pribadi, seperti stres, frustrasi atau menghindari keintiman seksual Ejakulasi dini primer terjadi sejak seorang pertama kali melakukan hubungan seks.

Dari paparan di atas, ejakulasi dini (apapun levelnya) adalah sejenis gangguan atau disfungsi seksual yang sebaiknya jangan dibiarkan, dan perlu dicarikan jalan penyelesaiannya dengan beragam cara atau metode. Bila tidak ditanggapi dengan serius dan dicarikan jalan keluarnya, bisa memicu masalah lain yang lebih berat, misalnya keretakan rumah tangga, perselingkuhan maupun perceraian.

Ada mitos yang mengatakan ejakulasi tak dapat disembuhkan. Barangkali hal tersebut benar, karena yang bisa dilakukan adalah terapi bagaimana mengatasinya. Namun separah apapun tingkat ejakulasi dini, insya Allah tetap bisa diatasi dengan beragam pengobatan, jadi jangan terlalu khawatir.

Baca Juga : Suplemen Stamina Pria

Semoga Bermanfaat. Salam Sehat Alami.

Dari berbagai sumber

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome