19 Manfaat Tomat Untuk Produk Kecantikan

tomat untuk kecantikanTomat sangat populer di dunia, apalagi di Indonesia yang sejak lama sekali telah lama dibudidayakan. Satu hal yang kurang disukai dari tomat adalah ketahanannya yang lemah, sehingga mudah busuk. Agar tahan lama, tomat harus dibekukan dengan beberapa langkah yang diawali dengan pemilihan, pencucian, perebusan, perendaman, pengupasan, dan diakhiri dengan pembekuan dalam lemari es.

Di dalam buah ini terdapat beragam kandungan yang berguna untuk memelihara fungsi organ tubuh dan memperlancar segala sistem yang sedang berjalan. Kandungan yang paling banyak adalah vitamin C dan air, apabila keduanya berkolaborasi di dalam tubuh, maka akan timbul manfaat tomat untuk kecantikan, yakni mengecilkan pori-pori dan mencerahkan kulit.

Selain digunakan sebagai bumbu masakan, lalap sayuran atau pelengkap sambal, tomat kerap dijadikan bahan pembuatan masker atau produk kecantikan dari beberapa produk ternama. Pembuatan masker tomat ditujukan untuk mengatasi berbagai masalah terkait kesehatan pada wajah dan kembali menampilkan pesona kecantikan yang seharusnya ada.

Semua manfaat tomat mulai dari kecantikan kulit, rambut, wajah, dan dilengkapi pula dengan cara membuat masker tomat untuk mencerahkan kulit wajah.

19 Manfaat Tomat Sebagai Produk Kecantikan

1. Mengecilkan dan mengencangkan pori-pori wajah

Cara membuat masker tomat untuk wajah kencang:

  • Blender tomat segar
  • Campurkan dua sendok makan jus tomat dengan satu sendok makan air
  • Gunakan kapas untuk mengusap wajah yang sebelumnya sudah dibersihkan
  • Pijat seluruh permukaan kulit wajah secara merata selama 15 menit

2. Mencerahkan kulit

Kulit wajah Anda kusam dan hingga kini belum tahu rahasia kecantikan untuk membuat kulit wajah cerah? Gunakan saja tomat yang mempunyai kandungan vitamin C dalam jumlah banyak yang siap mengatasi masalah yang sedang menimpa Anda.

Caranya pun tidak sulit, Anda siapkan satu atau dua potong tomat segar, iris ukuran cukup tebal. Gunakan tiap irisan untuk menggosok wajah secara merata. Dalam seminggu lakukan rutin setiap hari agar memberikan hasil maksimal, kulit tampak bersinar dan sehat.

3. Merawat kulit

Selain minyak zaitun yang terkenal khasiatnya untuk merawat kulit agar tetap sehat, kandungan minyak dalam biji tomat juga mampu merawat kulit Anda dengan cara melawan radikal bebas yang dapat mempercepat proses penuaan. Di beberapa klinik kecantikan, minyak biji tomat sering digunakan untuk mengobati kondisi kulit yang mengalami kerusakan seperti eksim, psoriasis, kering, dan rusak.

Anda bisa menggunakan minyak biji tomat secukupnya untuk memijat bagian kulit yang diinginkan. Lakukan perawatan menjelang tidur dan jangan langsung dibersihkan pada malah hari itu juga, melainkan ketika Anda sudah terbangun dari lelap.

4. Menghilangkan jerawat

Pada sejumlah obat jerawat yang terjajahkan di salon atau klinik kecantikan, pada tabel kandungan terlihat rata-rata memerlukan bantuan vitamin A dan C. Jika Anda ingin membeli obat jerawat semacam salep, lebih baik jangan dulu karena masih ada tomat yang memberikan kedua nutrisi tersebut.

Selain Vitamin A dan C, tomat juga mengandung banyak asam yang dapat menghilangkan jerawat dan mengatasi kulit ruam kemerahan. Pada kondisi jerawat yang kecil, Anda hanya perlu menggosokkan potongan tomat segar pada wajah atau bisa juga dijadikan masker selama satu jam.

5. Mengatasi permasalahan kulit berminyak

Produksi sebum berlebih dapat membuat wajah dipenuhi minyak dan bila terlihat dari jauh menjadi berkilau. Apabila tidak segera diatasi beragam masalah lain siap hadir juga pada wajah Anda, seperti jerawat, flek hitam, dan bahkan komedo.

Langkah mudah untuk mengatasi kulit berminyak dengan tomat adalah membuat jus dari 2 potong tomat yang dicampurkan dengan 4 sendok makan jus mentimun. Gunakan masker pada wajah dengan cara mengoles pakai kapas, kemudian diamkan hingga kering dan bilas sesudahnya. Jika rutin melaksanakannya, minyak pada wajah akan lebih terkontrol dan pori-pori ikut mengecil.

6. Menjaga Anda tetap awet muda

Salah satu rahasia awet muda para artis cantik papan atas adalah buah tomat. Di waktu luang Anda bisa mencoba melakukan serangkaian kegiatan yang sifatnya skin treatment dengan menggunakan tomat sebagai bahan dasarnya.

Tomat dapat memperlambat penuaan dengan menyerap oksigen secara maksimal. Anda hanya perlu melakukan perawatan tersebut secara rutin di waktu luang, bisa pagi atau malam hari.

7. Melindungi kulit dari serangan ultraviolet

Sinar matahari yang langsung mengenai kulit dapat merusak struktur permukaan. Contoh masalah kulit yang terjadi akibat terlalu sering terkena terpaan cahaya matahari adalah kering, bersisik, busik, dan kusam. Jika Anda memilik salah satunya, maka Anda perlu tahu bahwa tomat bisa digunakan sebagai tabir surya alami.

Di dalam tomat terdapat antioksidan bernama likopen yang beraktivitas sebagai pelindung kulit dari sinar UV. Sebelum pergi ke kantor, Anda bisa konsumsi segelas jus tomat, hal ini membantu perlindungan dari dalam. Jangan lupa berikan juga krim tabir surya bermerek yang cocok untuk jenis kulit Anda.

8. Menyegarkan mata

Sepulang ngantor pasti mata lelah dan ingin sekali dibuat tidur. Ada baiknya sebelum bergegas mengistirahatkan mata, lakukanlah pemijatan ringan pada seluruh permukaan wajah Anda dan tempelkan dua iris tomat ke kedua bola mata Anda (menutupi kedua mata).

Tomat akan merileksasikan mata Anda yang lelah karena telah seharian digunakan untuk bekerja. Jika Anda memiliki kantung mata, menggunakan potongan tomat juga dapat membantu menghilangkannya.

9. Mencegah kerusakan sel

Kerusakan sel akan membuat kulit menjadi bermasalah, tampak kemerahan dan bahkan bisa timbul kerutan yang membuat Anda terlihat 10 tahun lebih tua dari usia sebenarnya. Kondisi ini sering disebut dengan radikal bebas.

Untuk membantu mencegah kerusakan sel, Anda bisa konsumsi setidaknya 16 miligram likopen yang terdapat dalam tomat setiap harinya. Setelah makan siang, ganti minuman bersoda Anda dengan jus tomat yang lebih menyehatkan.

10. Memutihkan kulit tubuh

Cara membuat krim tomat untuk memutihkan kulit:

  • Bersihkan kulit dengan membasuhnya dengan air.
  • Campurkan 1 sendok teh oatmeal, yoghurt, dan 2 sendok teh tomat yang sudah ditumbuk halus.
  • Oleskan bahan campuran pada wajah, leher, dan bagian kulit tubuh lain yang diinginkan.
  • Diamkan selama 20 menit sebelum dibersihkan.

Perawatan dengan campuran ketiga bahan tersebut akan membantu menghilangkan noda yang menutupi kulit, mengelupas sel kulit mati, dan menenangkan kulit tegang.

11. Mencegah kulit terbakar

Menurut Prevention Magazine, orang yang dalam tiga bulan mengonsumsi 5 sendok makan pasta tomat setiap harinya akan membuat kulitnya terlindugi dari masalah terbakar akibat matahari. Meskipun kulit sudah terbakar, pasta tomat bisa membantu mengobatinya.

Gunakan campuran 2 sendok teh tomat dan 1 sendok teh yoghurt, oleskan pada permukaan wajah, leher, tangan, dan kaki secara merata setelah beraktivitas. Kandungan di dalam tomat akan menyegarkan kulit, sedangkan yoghurt membuat kulti menjadi elastis dan lembut.

12. Menghaluskan kulit

Kulit yang halus menjadi aset berharga bagi setiap orang, khususnya wanita. Selain mendapat nilai plus di mata orang sekitar, kulit halus juga bisa menjadi investasi untuk masa depan. Banyak sekali model yang melakukan perawatan kulit agar halus dengan menggunakan tomat, apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

Blender tomat dan campurkan dengan madu secukupnya hingga menjadi pasta tebal. Oleskan pada wajah secara merata, berikan pijatan relaksasi dengan gerakan melingkar. Terus lakukan hingga tomat yang sudah halus habis, barulah dibersihkan menggunakan air hangat. Jangan keluar rumah setelah menjalani perawatan untuk mencegah debu menempel pada permukaan wajah yang sudah bersih.

Selama ini pasti Anda hanya mengira bahwa satu-satunya bahan alami yang mampu mengatasi segala bentuk permasalahan terkait rambut adalah lidah buaya. Fakta tersebut memang tidak bisa disangkal, lidah buaya banyak membantu orang yang bermasalah dengan rambutnya.

Tetapi siapa sangka kalau tomat juga bersifat sama seperti lidah buaya, mampu memberi perlindungan lebih pada rambut karena mengandung vitamin A, B, C, dan E yang merupakan stimulan penting untuk memelihara rambut. Berikut ini manfaat tomat untuk kesehatan rambut.

13. Mengatasi rambut rontok

Meski belum banyak membuahkan hasil, banyak orang yang yakin bahwa penggunaan tomat untuk rambut dapat mengurangi kerontokan rambut. Jika Anda ingin membuatnya, coba lakukan pemeriksaan dulu pada dokter apakah jenis rambut Anda sensitif atau tidak jika diberi perawatan alami dengan tomat.

14. Kondisioner alami

Banyak orang yang tidak sadar bahwa di sekelilingnya banyak tumbuhan yang bisa dimanfaatkan untuk sehari-hari, misalnya kondisioner dari tomat. Selama ini kita hanya disuguhkan dengan iklan kondisioner alami yang sudah dimasukkan dalam botol kemasan, tidak tahu apakah khasiatnya sebaik yang alami atau tidak.

Untuk membandingkan kualitasnya, Anda bisa mengganti kondisioner dengan tomat selama beberapa hari dan lihatlah hasilnya. Dengan minyak tomat rambut akan terbebas dari kusut dan kerontokan.

15. Membersihkan kotoran pada rambut

Keramas saja tidak cukup untuk membersihkan noda yang menempel pada helai rambut. Anda bisa menggunakan tomat untuk membantu menghilangkan kotoran yang melekat pada rambut.

Caranya, buat jus tomat dan oleskan pada rambut secara merata. Gosok rambut secara perlahan beberapa kali, kemudian diamkan 20 menit lamanya. Terakhir, bilas dengan air bersih dan gunakan shampo untuk keramas dan pastikan agar jus tomat bersih dari rambut.

16. Menghilangkan bau kulit kepala

Bau pada kulit kepala sangat jarang terjadi, karena mengetahui faktor pemicunya yang memang hampir tidak pernah kita lakukan. Tetapi siapa tahu suatu saat Anda mengalami problem semacam ini, berikut cara menghilangkan bau kulit kepala dengan tomat.

Buat tomat dan saring airnya. Siramkan air pada rambut dan beri pijatan pada kulit kepala selama beberapa menit, sehabis itu diamkan mengering 30 menit lamanya. Jika sudah, cuci rambut dengan shampo wangi seperti biasa.

17. Menguatkan rambut

Rambut yang tidak sehat akan mudah rapuh dan patah, karena itu Anda butuh sesuatu yang bisa menguatkan akar rambut. Apa? Ya, tomat.

Tomat bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang bermasalah dengan rambut patah dan rapuh. Dengan mengoleskan masker tomat secara rutin, rambut akan lebih kuat, lembab, dan terbebas dari kekeringan.

18. Menghilangkan ketombe

Ketombean membuat seseorang malu untuk menggunakan baju berwarna gelap, karena warna gelap bisa membuat ketombe yang menempel pada pakaian terlihat jelas. Selain itu ketombe juga membuat seseorang tidak pede untuk pergi keluar, apalagi berkumpul sama teman.

Agar Anda bisa bertingkah seperti biasa, segera hilangkan ketombe tersebut. Gunakan saja tomat yang mampu mengusir ketombe dan mengurangi rasa gatal akibat bercak putih tersebut. Tomat mengandung vitamin C tinggi yang berjuang untuk membasmi ketombe dan menyediakan kolagen untuk kulit kepala Anda.

Caranya adalah sebagai berikut:

  • Tumbuk tiga potong tomat segar.
  • Tambahkan 2 sendok makan jus lemon dan aduk hingga berbentuk pasta halus.
  • Usapkan secara perlahan pada kulit kepala, hindari menggaruk kepala dengan kuku.
  • Diamkan selama 30 menit, terakhir bilas rambut dengan air dan biarkan agar mengering dengan sendirinya.

19. Memancarkan kilau rambut

Jika rambut sehat dan bersih, pasti warna rambut akan terlihat bersinar. Anda bisa mewujudkan impian tersebut cukup dengan menggunakan tomat yang diolah dengan benar, berikut ini caranya.

Siapkan 3 potong tomat matang, kupas kulit dan buang bijinya. Tomat yang sudah diolah tadi Anda peras hingga airnya keluar dan membasahi rambut. Beri pijatan hingga menyerap ke dalam kulit kepala, setelah itu diamkan satu jam dan bersihkan jika sudah waktunya.

Itulah 19 manfaat tomat yang patut Anda ketahui sebagai produk kecantikan. Namun ada hal yang juga penting untuk Anda ketahui, bagi anda yang tidak ingin ribet bisa Anda dapatkan produk kecantikan herbal untuk kecantikan kulit dan rambut di toko suplemen ini.

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome