10 Top Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

makanan-sehat-untuk-ibu-hamil

Seorang ibu hamil tidak boleh makan sembarangan, semuanya harus tepat sasaran. Memang dalam beberapa bulan ngidam tidak mampu terelakkan, keinginan untuk memenuhi tuntutan momongan dirasa menjadi hal yang wajib dilakukan. Anda boleh saja menuruti kemauan calon buah hati, tetapi tetap perhatikan pula gizi dari makanan tersebut.

Berikut ini 10 Top Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil yang mudah di temukan.

1. Brokoli

Brokoli menjadi sumber nutrisi yang sangat baik untuk ibu hamil, seperti kalsium dan asam folat. Disamping itu, terdapat pula serat dan antioksidan yang berguna untuk melancarkan sistem pencernaan dan memerangi berbagai jenis penyakit. Juga terkandung vitamin C yang sangat dibutuhkan ketika masa kehamilan untuk membantu penyerapan zat besi lebih sempurna, dapat ditemukan pula pada gandum atau beras merah.

2. Sayuran Hijau

Rata-rata sayuran berdaun hijau seperti bayam kaya akan asam folat dan zat besi. Kedua nutrisi tersebut bisa membuat janin yang berada di dalam rahim tetap sehat dan mendapatkan nutrisi bergizi. Anda bisa membuat sayur bayam dengan lobak untuk makan malam bersama.

3. Jeruk

Sudah banyak yang mengenal khasiat jeruk berkat tingginya kandungan vitamin C, asam folat, serat, dan airnya. Salah satunya adalah memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Seorang ibu hamil juga harus menjaga jumlah cairan di dalam tubuhnya agar tidak mengalami dehidrasi yang kemungkinan mengancam kesehatan janin.

4. Alpukat

Alpukat merupakan sumber lemak nabati yang baik untuk tubuh, karena tergolong tak jenuh. Fungsi lemak yang terdapat dalam alpukat adalah membantu perkembangan fungsi memori sang bayi yang masih berbentuk janin di dalam rahim.

Alpukat juga memberikan asam folat, vitamin B kompleks, dan kalium yang berfungsi untuk membantu perkembangan tulang belakang janin hingga proses persalinan. Buah ini lebih cocok dikonsumsi pada periode pertama karena dapat mengurangi rasa mual hingga muntah.

5. Susu Tanpa Lemak

Tubuh menyerap kalsium pada makanan dua kali lipat dari biasanya, tetapi sebetulnya kebutuhan per harinya tetap sama. Namun, kebanyakan orang terlalu sedikit mengkonsumsi makanan berkalsium tinggi. Jika Anda memenuhi kebutuhan tersebut, susu tanpa lemak bisa menjadi pilihan cerdas. Setiap gelas susu dapat memasok sekitar 30% dari kecukupan gizi berupa kalsium yang dianjurkan mencapai 1.000 miligram

6. Kacang – Kacangan

Lemak merupakan nutisi vital bagi perkembangan otak bayi. Para ahli meminta para bumil untuk mengganti lemak jenuh seperti daging dengan lemak tak jenuh yang dapat ditemukan pada beberapa jenis kacang-kacangan, seperti kacang polong dan kacang merah. Jika Anda tidak biasa ngemil kacang, coba oleskan selai kacang pada roti gandum Anda.

7. Ubi Jalar

Penelitian baru menemukan adanya karotenoid pada ubi jalar yang bermanfaat bagi wanita hamil, yaitu pigmen tanaman yang nantinya akan dirubah menjadi vitamin A dalam tubuh.

Meski mengkonsumsi makanan pembentuk vitamin A dalam jumlah banyak dapat membahayakan tubuh, karetonoid pada ubi jalar berbeda. Zat ini akan dikonversi bila diperlukan saja, sehingga tidak membuat Anda harus membatasi konsumsi vitamin A yang terdapat pada beberapa jenis buah dan sayur.

8. Yoghurt

Produk susu yang sudah difermentasikan ini menjadi favorit ibu hamil yang tinggal di perkotaan. Pada yoghurt, tertanam vitamin D dan kalsium dalam jumlah sarat. Seorang ibu hamil setidaknya butuh 1000 mg kalsium per hari agar tumbuh kembang janin tetap sehat. Anda bisa konsumsi yoghurt jika bosan dengan jus, tenang saja, yoghurt termasuk minuman rendah lemak yang menyehatkan.

9. Ikan Salmon

Ikan salmon adalah makanan laut yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini dikarenakan kandungan lemak omega-3 di dalam salmon sangat tinggi yang bagus bagi wanita hamil. Dikatakan aman karena salmon hanya sedikit mengandung merkuri, tidak seperti makanan laut lain semacam kerang yang kandungan merkurinya sangat tinggi sehingga tidak baik untuk dikonsumsi oleh bumil.

10. Minyak Zaitun

Minyak zaitun berguna untuk kecantikan dan kesehatan. Orang-orang ada yang mengaplikasikan minyak ini secara rutin pada kulit tubuh agar tampak halus dan elastis. Ada pula yang menggunakannya untuk menggoreng karena mengandung lemak tak jenuh dan vitamin E yang justru berdampak positif bagi kesehatan, termasuk ibu hamil.

Dengan memberikan asupan berupa makanan sehat untuk ibu hamil di atas, ketika bersalin harapan bunda untuk memiliki bayi yang sehat sangatlah besar kemungkinannya.

Pilihan yang lain bisa menggunakan suplemen ibu hamil untuk memberikan nutrisi pada ibu hamil.

madu penyubur kandungan
Cara Berbelanja herbal

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome