10 Suplemen Herbal Pendongkrak Energi

suplemenKalau Anda jujur pada diri sendiri, mungkin Anda hanya mengeluarkan maksimal 40 persen energi terbaik tiap harinya. Saat merasa kurang bertenaga, Anda memancingnya dengan segelas kopi di pagi hari.

Sebetulnya, ada beberapa suplemen kesehatan yang bisa diminum untuk menambahkan ketajaman konsentrasi Anda seperti suplemen otak. Dikutip dari laman AskMen.com, pada Kamis (5/11/2015), direktur Examine.com Spencer Nadolsky, memberikan data 10 suplemen yang paling bermanfaat serta harus dipertimbangkan untuk menjadi pilihan konsumen.

1. Rhodiola rosea

Tanaman ini merupakan bagian dari pengobatan tradisional Tiongkok sejak lama, serta populer di negara-negara Skandinavia.

Rhodiola rosea telah dijual dan dipasarkan sebagai obat untuk masalah medis seperti kanker, penghilang rasa cemas, flu, pilek, dan migrain. Rhodiola telah dipelajari juga dan diverifikasi dengan akurat sebagai pengurang rasa lelah. Rhodiola juga mungkin bisa membantu dalam memerangi stres dan depresi.

Baca Juga : Suplemen Otak Terbaik

2. Vitamin D

Vitamin D merupakan salah satu dari 24 mikronutrien yang penting untuk kelangsungan hidup manusia. Sumber daya alam yang paling umum sebagai vitamin D adalah sinar matahari, meski juga kita temukan pada ikan dan telur.

Suplemen hanya diperlukan jika Anda tidak mendapatkan cukup vitamin ini dari diet Anda, atau jika Anda tinggal di bagian dunia yang tidak memiliki banyak sinar matahari.

3. Vitamin K

Vitamin K adalah vitamin penting tapi sering diabaikan. Para ilmuan menamai vitamin ini sesuai dengan kata koagulasi dalam bahasa Jerman, dan berperan dalam pembekuan darah. Vitamin K ditemukan secara alami dalam sayuran berdaun hijau seperti kangkung, bayam, sawi dan collard hijau, swiss chard, dan peterseli.

Suplementasi vitamin K sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang yang baik serta pembekuan darah yang sehat. Anda harus memperhatikan kebutuhan vitamin ini, terutama karena usia yang mulai menua.

4. Bacopa monnieri

Bacopa monnieri adalah herbal asli dari India Selatan dan Australia. Tanaman ini telah menjadi komponen utama Ayurveda, sebuah pengobatan India sejak lama. Bacopa juga salah satu dari beberapa nootropic herbal yang diverifikasi secara ilmiah.

Nootropic merupakan istilah untuk suplemen terbukti memiliki efek meningkatkan pada berbagai aspek fungsi otak.

Manfaat yang paling menonjol dari Bacopa monnieri adalah pada memori. Suplemen ini telah terbukti memiliki efek positif pada daya ingat meski perlu dicatat, butuhkan sampai satu bulan untuk mulai melihat efeknya. Bacopa juga telah terbukti memiliki manfaat kecil pada orang yang menderita gejala depresi dan kecemasan.

5. Berberin

Berberin adalah garam amonium yang ditemukan pada tumbuhan seperti goldenseal (Hydrastis canadensis), akar kuning, dan tanaman bunga poppy California.

Berberin sangat baik mengatur kadar gula darah. Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal menderita diabetes, mungkin ini salah satu yang baik untuk dipertimbangkan.

6. Melatonin

Melatonin adalah satu-satunya suplemen yang telah terbukti memiliki manfaat sebagai obat tidur, dan diberikan dokter sebagai resep pengobatan untuk insomnia. Suplemen efektif mengatur tidur pada individu yang menderita gangguan tidur karena shift kerja dan bahkan jet lag.

Baca Juga : Kapsul Biji Pala Untuk Mengatasi Susah Tidur

7. Omega 3

Ada tiga jenis asam lemak Omega 3, tetapi dua yang ditemukan dalam suplemen adalah asam eicosapentaenoic (EPA) dan docosahexaenoic (DHA). Keduanya ditemukan secara alami pada ikan.

Tapi Anda juga bisa mendapatkannya di minyak ikan untuk mengurangi risiko penumpukan plak, dan penurunan risiko diabetes serta beberapa jenis kanker.

8. Kreatin

Kreatin adalah asam organik alami yang membantu pasokan energi untuk sel-sel dalam tubuh. Sumber pangan alami yang paling umum mengandung kreatin adalah daging merah tanpa lemak dan ikan.

Suplemen kreatin punya manfaat yang paling ampuh sebagai peningkat massa otot. Selain itu kreatin berguna untuk saraf dan kardioprotektif, otak, tulang, dan hati.

Baca Juga : Suplemen Massa Otot

9. Inositol

Inositol, atau khususnya Myo-inositol, adalah molekul mirip dengan glukosa. Ketika dipakai dalam dosis yang sangat besar, inositol telah terbukti efektif dalam pengobatan serangan panik dan kecemasan pada penderita levelkronis. Ia juga memiliki efek anti-depresi ringan.

10. Kafein

Kafein adalah alkaloid kristal yang ditemukan dalam biji, daun dan buah dari beberapa tanaman. Sumber kafein yang paling umum adalah biji kopi, teh, yerba mate, buah guarana, dan guayusa.

Kafein menyebabkan efek stimulan, yakni membuat orang waspada dan terjaga. Pemaikaian dosis yang berbeda punya efek yang beda pula, seperti 100 mg untuk kewaspadaan, dosis 200 mg untuk pembakaran lemak, dan dosis 500mg untuk membantu kekuatan energi kita.

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome